Dinas Porapar Kota Prabumulih Lakukan Study tiru olahraga tradisional engklek/ sonda di Way Kanan

18 Februari 2021 | Administrator | 178 Dilihat

Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Way Kanan (Yustian Umri Sangon, S.STP.,M.Si.) dan di dampingi oleh Wakil Ketua Komite Permainan dan Olahraga Tradisional Indonesia ( KPOTI) Propinsi Lampung menerima kunjungan study tiru Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Prabumulih Joko Firdaus, S. Pd.  untuk melihat secara dekat bentuk lapangan, cara bermain dan juga permasalahan olahraga tradisional (Engklek/ Sondah) di Kabupaten Way Kanan, Senin 14 oktober 2019. 

Menurut Joko firdaus olahraga Engklek menjadi salah satu solusi untuk memerangi pengaruh game online yang sudah sangat mengkhawatirkan. Sehingga banyak dari anak-anak saat ini yang menghabiskan waktunya dengan gadgetnya masing-masing. "Jujur saja, begitu saya mendengar tentang Olahraga tradisional ini, saya sangat antusias sekali untuk mengembangkan olahraga ini ditempat saya,"ujar Joko Firdaus.

Lebih jauh ia mengatakan kedatangannya ke bumi ramik ragom tidak lain untuk melihat perkembangan olahraga tradisional khususnya engklek di Kabupaten Way Kanan sehingga bisa diadopsi di Kota Prabumulih dan dapat dimainkan oleh anak-anak Kota Prabumulih Khususnya dan Sumatera Selatan Umumnya.

"Saya optimis dengan adanya Study Tiru kami disini mampu membawa hasil yang baik khususnya bagi Kota Prabumulih,"terangnya 

Sementara itu, Yustian Umri Sangon Kadisporapar Way Kanan menjelaskan pihaknya sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Disporapar Prabumulih. ia pun siap membantu demi kemajuan olahraga tradisional khususnya Engklek di Provinsi Sumatra Selatan dan Indonesia Umumnya. " Kami sangat terbuka untuk seluruh daerah yang ingin mencari tau bagaimana cara mengembangkan olahraga Engklek ini. Dan kami berharap banyak daerah yang bisa mengembalikan olahraga tradisional di tengah anak-anak kita,"ujarnya didampingi Kabid Olahraga, Rahmat,. S.Pd,. MM   

 

whatsapp_image_2021-02-18_at_12.33.49_(1)